Wampserver, Bagaimana Menginstallnya

WampServer adalah salah satu alternative program yang berguna untuk membangun server web di komputer Windows. Dengan menggunakan WampServer, Anda dapat membuat dan mengelola website atau aplikasi web dengan mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membangun server di komputer Windows menggunakan WampServer:

  1. Download aplikasi sumber WampServer dari situs resmi WampServer.  Pilih versi yang sesuai dengan sistem operasi Windows yang Anda gunakan.
  2. Ikuti petunjuk yang disediakan untuk menginstall WampServer di komputer Anda. Pastikan untuk memilih lokasi instalasi yang mudah diingat, seperti di folder “C:\wamp” atau “C:\wamp64”.
  3. Setelah selesai menginstall, buka WampServer dengan mengklik ikon di desktop atau di menu start. WampServer akan mulai memuat komponen-komponennya dan akan menampilkan ikon WampServer di system tray.
  4. Buka browser internet dan akses alamat “localhost” atau “127.0.0.1” di address bar. Jika WampServer sudah terinstall dengan benar, Anda akan melihat halaman web default WampServer yang menampilkan daftar aplikasi web yang telah Anda install.
  5. Untuk membuat website baru, buat folder baru di dalam folder “www” yang terletak di dalam folder instalasi WampServer. Misalnya, jika Anda menginstall WampServer di “C:\wamp”, maka folder “www” akan terletak di “C:\wamp\www”. Buat file HTML atau PHP di dalam folder tersebut dan tulis kode-kode yang diinginkan.
  6. Buka browser dan akses alamat “localhost/namafolder” untuk mengakses website yang telah Anda buat. Misalnya, jika Anda membuat folder baru bernama “website1”, maka Anda dapat mengakses website tersebut dengan mengetik “localhost/website1” di address bar browser.
  7. Jika Anda ingin membuat website yang bisa diakses oleh orang lain di internet, pastikan komputer Anda terkoneksi dengan internet dan memiliki alamat IP publik yang dapat diakses oleh orang lain. Anda juga perlu membuka port 80 di router atau firewall Anda agar website dapat diakses dari internet.
  8. Selalu ingat untuk memperbarui dan memelihara WampServer agar tetap aman dan stabil. Pastikan untuk selalu menginstall patch keamanan dan pembaruan yang tersedia untuk WampServer.

Demikianlah langkah langkah anda menginstall aplikasi wampserver di windows anda, kini anda sudah siap untuk mencoba membangun aplikasi PHP di server anda


Posted

in

,

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *